Pengurus Daerah IWO Sukabumi Dilantik, Sinergi Dengan Stakeholder Pers Dikedepankan

Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online atau PD IWO Kabupaten Sukabumi Jawa Barat periode 2019 – 2024 resmi dilantik oleh Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online atau PP IWO, Minggu 24 Juli 2022.

Pelantikan PD IWO Kabupaten Sukabumi digelar di Augusta Hotel, Cicantayan, Sukabumi yang dihadiri oleh Sekjen PP IWO, Dwi Christianto sekaligus yang melantik PD IWO Kabupaten Sukabumi.

Turut Hadir pada Pelantikan PD IWO Sukabumi, Sekretaris daerah (Sekda) yang diwakili Staf Ahli, Jujun Junaedi, Kepala dinas Kominfo Eka Nandang Nugraha, ketua FKUB Kab.Sukabumi Ust. Daden Sukendar, Unsur Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Unsur Forkopimcam Cicantayan, Unsur Pengusaha dan tamu undangan lainnya.

“Alhamdulillah, Puji Syukur saya sangat bangga IWO Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, secara resmi telah dideklarasikan dan dilantik, banyak stakeholder pers, pejabat daerah, LSM, tokoh masyarakat yang datang menghadiri kegiatan ini,” ujar Sekjen PP IWO Dwi Christianto.

“Saya berharap PD IWO Sukabumi melakukan kegiatan-kegiatan sesuai dengan kode etik profesi jurnalistik Indonesia dan kita terus bersinergi dengan siapapun. Karena sinergi itu merupakan suatu hal yang dapat menguatkan kita, baik secara internal maupun eksternal organisasi,” tambahnya.

Menurut Dwi, banyak hal dapat dilakukan dan para pengurus IWO jangan terpaku pada hal besar. Karena segala sesuatu dapat dimulai dari hal kecil, apa yg bisa dilakukan secara individu, kaitkan dengan organisasi, itu merupakan langkah yang sangat baik.

“Sumbangsih kepada masyarakat sekecil apapun bentuknya, menggaet stakeholder pers yang ingin bergabung untuk berbuat kebaikan, itu juga sangat luar biasa. Jika teman-teman sudah melakukan kegiatan positif hasilnya juga akan positif, masyarakat juga akan mengganggap IWO sebagai organisasi profesi jurnalis yang positif dan mampu memberikan kemaslahatan bagi umat manusia yang ada di sekelilingnya. Semoga IWO di Kabupaten Sukabumi semakin maju semakin solid, semakin menebarkan kebaikan no hoax no sara,” pungkas Sekjen PP IWO Dwi Christianto yang juga dosen komunikasi di salah satu Universitas di Jakarta.

Setali tiga uang, Ketua Pengurus Daerah Ikatan Wartawan Online (PD IWO) Kabupaten Sukabumi, Elis Nurbati, mengungkapkan pelantikan ini adalah kegiatan yang tertunda.

Pasalnya, SK PD IWO Kabupaten Sukabumi telah terbit sejak tahun 2019, namun karena terkendala pandemi Covid-19 akhirnya baru bisa terlaksana hari ini.

“Secara de jure sebenarnya kita sudah legitimite tetapi pelantikan ini menjadi penting karena untuk membuktikan eksistensi PD IWO di Sukabumi sehingga dengan pelantikan ini diharapkan semua stakeholder, pemerintahan maupun swasta mengetahui keberadaan IWO, dan berharap mereka lebih familiar terhadap pengurus dan anggota IWO,” ucap Elis Nurbaeti.

Pelantikan ini dinilai Elis bukan sekedar seremoni atau selebrasi organisasi, tapi juga sebagai ekspresi rasa syukur kepada Allah Swt, bahwa wartawan media online di Kabupaten Sukabumi, telah dipersatukan dalam satu organisasi profesi yang bermartabat, karena setiap profesi, termasuk wartawan, adalah mulia, ketika diniatkan dan dilaksanakan dengan baik.

“IWO adalah organisasi profesi yang dilindungi UU Pers dan memiliki kode etiknya, maka setelah pelantikan ini berharap bisa lebih punya power, untuk dapat berkiprah sesuai fungsinya, yaitu fungsi informasi, edukasi, entertain, kontrol sosial dan fungsi ekonomi, sehingga dapat dirasakan manfaatnya, baik oleh dirinya, keluarganya, dan juga masyarakat luas ,” tutup Elis Nurbaeti.***