PP IWO Teken MoU Dengan Komisi Kejaksaan Republik Indonesia

Jakarta — Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (IWO) Jodhi Yudono menandatangani kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Komisi Kejaksaan yang ditandatangani langsung oleh Ketua Komisi Kejaksaan Republik Indonesia (KK-RI) Dr. Barita Simanjuntak, S.H., M.H., CFrA.

Penandatanganan Mou yang dilaksanakan di Hotel Gran Mahakam Jakarta Selatan, seusai mengikuti acara FGD (Focus Group Discussion) dengan tema “Peningkatan Peran Kejaksaan RI Sebagai Dominus Litis Dalam Melaksanakan Keadilan Restoratif Khususnya Bagi Korban Tindak Pidana”.

Ketua Umum IWO di sela ramah tamah usai penandatanganan MoU menyampaikan bahwa tujuan besar dilaksanakannya MoU ini agar membuka ruang yang seluas-luasnya untuk memajukan peran dan kemerdekaan pers.

“Di sisi lain tentunya upaya mengoptimalkan keterbukaan informasi yang bertujuan untuk penguatan kelembagaan dan pengembangan kebijakan Komisi Kejaksaan Republik Indonesia dengan kompetensinya serta meningkatkan kualitas kinerja Kejaksaan,” ujar Jodhi Yudono, Kamis (12/11/2020) di Jakarta.

Ketum IWO yang dikenal sebagai budayawan ini saat ditanyakan sehubungan dengan langkah selanjutnya, dengan lugas Jodhi mengungkapkan, usai MoU ini tentu kami akan membahas secara internal terlebih dahulu dan kemudian akan diformat bentuk perjanjian kerjasamanya oleh tim Bidang Hukum dan Advokasi Pengurus Pusat IWO yang di Ketuai oleh Sandy Nayoan, beliau dan timnya kan Pengacara semua, lebih komprehensif.

“Yah, nanti pokoknya Sandy Nayoan dan timnya yang akan memformulasikan dan menyusun konten perjanjian kerjasamanya terlebih dahulu. Selanjutnya dalam pelaksanaannya akan kita lakukan evaluasi apabila ada hal-hal yang perlu diperbaiki dalam menjalankan kerjasama ini,” beber Jodhi.

IWO akan menginformasikan kepada masyarakat terkait dengan fungsi dan tugas KKRI sebagai lembaga yang melakukan pengawasan, pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan perilaku jaksa dalam mejalankan tugas dan wewenangnya.

Hadir menyaksikan penandatanganan MoU tersebut selain para komisioner KKRI adalah Sekjen PP IWO Dwi Christianto dan Bendum Lia Nathalia, Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Irjen Pol (purn) Benny Mamoto, serta Jampidum Dr. Fadil Zumhana.