PENGUMUMAN: Pengunduran Diri Sdr Efran Diterima PP IWO dan Penerbitan Mandat Formatur PW IWO Sumsel

Jakarta – Bersama keterangan ini, kami Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (IWO) menerima pengunduran diri saudara Efran sebagai ketua PW IWO Sumatera Selatan (Sumsel) dan/atau sebagai anggota IWO. Informasi yang kami terima dari saudara Efran, bahwa yang bersangkutan akan fokus menulis dan mengembangkan media online yang dikelolanya.

Melalui keterangan tertulis ini, PP IWO berterima kasih selama saudara Efran yang telah menjalankan tugasnya sebagai ketua PW IWO Sumsel, mengembangkan tugas untuk berkegiatan positif dan proaktif mengembangkan organisasi di tiap kabupaten/kota di Sumsel.

Pengunduran diri saudara Efran, juga seiring dengan hasil rapat pleno Pengurus Pusat Ikatan Wartawan Online (PP IWO) dan Majelis Etik IWO serta masukan dari berbagai pemangku kepentingan dan bahwa sejak awal bulan Agustus PP IWO telah membekukan kepengurusan di tingkat Pengurus Wilayah (PW IWO) Provinsi Sumatera Selatan, sekaligus mencabut serta menyatakan tidak berlaku Surat Keputusan Nomor: SK 218A/SK/PW-IWO-PROV/VII/2023 tentang Struktur Pengurus Wilayah IWO Sumatera Selatan.

Pembekuan kepengurusan didasari pertimbangan etik dan merujuk pada AD/ART IWO BAB II dalam hal pembekuan pengurus secara hirarki pada Anggaran Rumah Tangga, Pasal 10 ayat d dan e, di mana pembekuan Pengurus Wilayah dapat dilakukan Pengurus Pusat.

Melalui evaluasi PP IWO ditemukan bahwa telah terjadi kevakuman di PW IWO Sumatera Selatan lebih dari enam bulan. PP IWO telah meminta pembaruan personalia di PW Sumtera Selatan, namun sampai keputusan pembekuan itu diambil, belum ada kepastian mengenai hal tersebut.

Selanjutnya hal-hal yang berkaitan administrasi, dan pembentukan PW IWO Sumsel, untuk sementara ditata-kelola oleh Pengurus Pusat IWO, sambil menunggu kepengurusan definitif mengisi kepengurusan di Wilayah atau Provinsi Sumatera Selatan.

PP IWO telah mengeluarkan surat mandat kepada Saudara Surono (Waketum PW IWO Sumsel di kepengurusan yang telah dibekukan) dan kepada Saudara Safrullah Lubai (Ketua PD IWO Kota Palembang) untuk membentuk formatur kepengurusan PW IWO Sumsel. Tugas formatur ini untuk membenahi organisasi di Tingkat PW dan PD se-Sumsel dan untuk sekaligus melaksanakan proses dan tahapan organisasi sampai adanya kepemimpinan baru defenitif di PW IWO Sumsel.

Selain itu, PP IWO memutuskan untuk melebur kepengurusan PD IWO Kota Palembang bersama para pengurus non aktif PW IWO Sumsel, menjadi satu kesatuan, agar terjadi keselarasan dalam organisasi di tingkat provinsi Sumsel dan Kota Palembang.

Diharapkan kepada pihak-pihak terkait, pemangku kepentingan dan atau penegak hukum di Provinsi Sumatera Selatan agar mengetahui dan/atau sekaligus bertindak tegas bila ada pihak-pihak yang mengatasnamakan diri sebagai Pengurus Wilayah IWO dan atau penggunaan akronim IWO lainnya. Hal ini kami sampaikan untuk menghindarkan kerugian terhadap berbagai pemangku kepentingan dan organisasi IWO.

Demikian pengumuman ini disampaikan sebagai pemberitahuan, agar menjadi perhatian bagi semua pihak. Atas perhatian dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak, kami ucapkan terima kasih.


Salam,

Dwi Christianto
Ketua Umum IWO